Vaksinasi Covid 19 Dosis Kedua Untuk Nakes Di Ponorogo, Dimulai.

Dutanusantarafm-Dinas Kesehatan Ponorogo pada Rabu (10/02/2021) mulai melakukan vaksinasi covid 19 dosis kedua untuk para nakes di Ponorogo . Suntikan vaksin dosis kedua yang dilakukan di halaman depan gedung terpadu Ponorogo ini diberikan setelah 14 hari dari suntikan dosis pertama.

Kepala Dinas kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini menjelaskan target suntikan vaksin covid 19 dosis kedua pada hari pertama adalah untuk 13 tokoh dan para nakes yang bekerja di Dinas kesehatan Ponorogo. Vaksinasi dosis kedua dilakukan secara bergiliran setelah 14 hari menerima vaksin dosis pertama.

Rahayu menambahkan sebanyak 3.540 nakes yang telah disuntik vaksin dosis pertama. Namun vaksinasis dosis pertama untuk 3540 nakes itu tidak dilakukan secara serentak. Karena itu pemberian vaksin dosis kedua disesuaikan dengan urutan harinya sampai tiba hari keempat belas untuk vaksinasi dosis kedua. Vaksinasi dosis kedua sendiri dimungkinkan baru bisa rampung dalam sepekan melalui 41 fasilitas kesehatan yang ada di Ponorogo. “ 41 faskes itu meliputi di 6 rumah sakit, 31 puskesmas dan 4 poliklinik yang ditunjuk” ungkapnya.

Suntikan vaksin virus corona tidak serta merta menimbulkan imunitas atau kekebalan usai disuntikkan pertama kalinya. Rahayu menuturkan dibutuhkan penyuntikan vaksin dosis kedua untuk menghasilkan kekebalan optimal. Melalui vaksinasi dosis pertama, vaksin akan bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk sistem kekebalan atau antibodi baru. Sementara, vaksin dosis kedua berperan sebagai booster atau menguatkan fungsi vaksin.

Untuk program vaksinasi dosis kedua bagi 3.540 nakes Dinas kesehatan Ponorogo memastikan persediaan vaksin mencukupi. Rahayu menyebut program vaksinasi dosis pertama dan kedua menyesuaikan dengan stok vaksin yang disimpan di gudang Dinas Kesehatan Ponorogo. “karena itu yang sudah divaksin pertama, sudah disediakan pula vaksinya untuk kedua”pungkasnya. (de)