UNIDA GONTOR ADAKAN PELATIHAN MENULIS UNTUK MEDIA RADIO

PONOROGO – Program Kemitraan Masyarakat Universitas Darussalam Gontor mengadakan pelatihan menulis berita dengan tema “Penguatan Konvergensi” bertempat di studio Duta Nusantara Ponorogo, Senin (28/9). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas berita dan informasi yang disuguhkan oleh media khususnya radio.

Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan kru dari Radio Duta Nusantara, Radio Songgolangit, Radio Suara Gontor, dan Radio Romansa. Pelatihan dibuka oleh oleh Aini Shofiya selaku moderator. Sedangkan yang memberikan materi adalah Eko Prasetyo, selaku Pemred Media Guru dan Penulis 87 Buku.

“Pelatihan teknik penulisan berita ini diberikan kepada kru radio bertujuan supaya mereka dapat membuat berita yang layak disirakan di radio, bahkan di website dari masing-masing radio. Radio juga harus tau isu-isu yang sedang hangat saat ini ,” kata Eko Prasetyo saat mengisi pelatihan.

Ia menambahkan, melalui pelatihan ini diharapkan jurnalis-jurnalis dari kalangan radio bisa menyajikan informasi yang tidak kaleng-kaleng. “Berita yang disajikan harus merujuk pada kaidah “ABC” yaitu accuracy, balance, dan clarity, ” ujarnya.

Pelatihan penulisan berita tersebut diadakan secara daring. Eko Prsetyo memberikan materi sekaligus membimbing para peserta mulai dari teknik penulisan berita, bahasa berita radio, sampai menjadi berita yang layak ditayangkan. “Pelatihan dan materi yang diberikan sangat menarik, apalagi bagi kalangan yang sebelumnya tidak pernah menulis berita jadi bisa belajar dan tertantang,” tutur Rooney salah satu kru Radio Romansa. (aul)