RADIO UNTUK MATA DAN TELINGA

Ponorogo – Mengikuti perkembangan era globalisasi dimana semua serba digital, radio dituntut untuk bisa menyajikan sebuah berita tidak hanya untuk telinga tetapi juga mata. Berangkat dari hal ini, UNIDA Gontor mengadakan pelatihan jurnalistik untuk radio-radio yang tergabung dalam FDRP(Forum Diskusi Radio Ponorogo) yaitu radio Songgolangit, radio Romansa, radio Duta Nusantara dan radio Swara Gontor dengan tema “Penguatan Konvergensi”.

Menurut Nur Aini Shofiya, Dosen Ilmu komunikasi dan ketua Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UNIDA “jadi kegiatan yang kami lakukan adalah bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang saya dan pak Dihin kerjakan bekerjasama dengan Kemristek/BRIN. Kegiatan ini kita sebut Program Kemitraan Masyarakat (PKM) fasilitasi radio streaming berjaringan sebagai gerakan kolektif FDRP dalam melaksanakan konvergensi media.”

Pelatihan yang bertempat di radio Duta Nusantara FM pada tanggal 28 september 2020 ini merupakan salah satu agenda PKM yang sudah direncanakan. “beberapa kegiatan yang kita rencanakan adalah fasilitasi radio streaming berjaringan dan website, pelatihan broadcasting, pelatihan konvergensi dan radio internet, dan pelatihan menulis” tambah Nur Aini.
Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing radio ini dilaksanakan secara semi daring. Semua peserta berkumpul, sedangkan Eko Prasetyo pemred MediaGuru sebagai narasumber menyampaikan materi melalui Zoom meeting.

“Aku sih seneng diikutkan pelatihan, gratis lagi” ujar Lusi perwakilan dari radio Songgolangit”.(isr)